Rini: 1.500 nasabah “Mekaar” siap naik kelas

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut sebanyak 1.500 nasabah Program “Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera” (Mekaar) binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM yang siap naik kelas.

Mulai awal tahun 2019, nasabah Mekaar yang telah dinyatakan lolos dalam binaan dan telah mempunyai kapasitas yang layak untuk dibiayai akan mendapatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro yang salah satunya difasilitasi oleh PT Bank Negara Indonesia atau BNI.

BNI mencatat, saat ini telah terdapat lebih 1.500 nasabah  Mekaar yang memenuhi kriteria naik kelas dan layak untuk mendapatkan KUR Mikro BNI dengan rata-rata maksimum sampai Rp10 juta yang tersebar di Jakarta, Garut dan Tasikmalaya.

“Saya terus mendorong dan memastikan PNM untuk melakukan pembinaan nasabah sehingga usaha mereka bisa naik kelas. PNM juga bisa bersinergi dengan BUMN-BUMN dalam menyalurkan pendanaan usaha dan di saat yang sama nasabah juga dibina untuk terus meningkatkan usahanya,” kata Rini dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan catatan PNM, secara nasional, jumlah nasabah Mekaar hingga saat ini tercatat sebanyak 4.145.477 nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah pendamping (Account Officer/AO) tercatat sebanyak 23.203 orang.

Presiden Jokowi yang meninjau ratusan nasabah Mekaar Jakarta di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, menekankan pentingnya kualitas produk ibu-ibu nasabah Program Mekaar.

Namun, Kepala Negara mengharapkan produk-produk yang dihasilkan oleh ibu-ibu binaan perusahaan BUMN itu harus terus ditingkatkan agar terus berkembang.

“Tapi juga harus sesuai dengan keinginan pasar yaitu kemasannya bagus, ‘delivery’ (pengiriman) tepat waktu, kualitasnya standar dan tidak berubah-ubah, itu yang kami harapkan dari program ini,” katanya.

Jumlah nasabah Mekaar di Jakarta Pusat hingga saat ini tercatat 6.139 nasabah. Sementara jumlah pendamping (Account Officer) tercatat sebanyak 27 orang.

Baca juga: BNI berikan KUR mikro kepada nasabah PNM Mekaar yang naik kelas

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019