Komisi X DPR serap aspirasi masyarakat di Serdang Bedagai

Seirampah, Sumut (ANTARA News) – Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serdang Bedagai dalam upaya menggali dan menyerap aspirasi serta kepentingan pemerintah daerah dan masyarakat terutama terkait infrastruktur dan sarana pendukung pengembangan pariwisata.

Dr Sofyan Tan selaku pimpinan rombongan Tim Komisi X DPR RI di Seirampah, Kamis, mengatakan, total ada 12 orang anggota DPR RI Komisi X yang hadir pada kunjungan kerja spesifik bidang pariwisata pada masa persidangan III Tahun 2018-2019.

“Kami datang kemari untuk menyerap aspirasi serta kepentingan pemerintah daerah dalam upaya pendukung pengembangan pariwisata,” katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2019 Kementerian Pariwisata telah menetapkan target peningkatan devisa negara dari sektor pariwisata dan untuk Sumatera Utara sendiri terdapat satu juta kunjungan wisatawan sebagai targetnya.

“Pariwisata merupakan bidang strategis yang menjadi salah satu kunci peningkatan perekonomian masyarakat,” katanya.

Saat ini Indonesia menempati posisi terbaik di Asia Tenggara dalam hal pengembangan pariwisata, dan 10 besar di Asia.

Trend positif kunjungan wisatawan mancanegara meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan data per Januari-Agustus 2018 telah terdapat 10 juta lebih wisatawan mengunjungi Indonesia.

“Kondisi itu sangat menggembirakan sekaligus tantangan pemerintah melalui Kemenpar khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai karena memiliki destinasi wisata yang sangat potensial seperti potensi wisata bahari, wisata alam dan wisata budaya untuk dikelola dengan profesional dan maksimal,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Serdang Bedagai Soekirman dalam kesempatan itu memaparkan tentang potensi dan sumber daya yang dimiliki daerah itu termasuk jumlah penduduk dan luas daerah, adat budaya, pertumbuhan ekonomi, IPM, PDRB yang mengandalkan pertanian tanaman pangan, serta penghargaan-penghargaan yang diraih.

“Kami sangat berterima kasih atas pembangunan dari pemerintah pusat berupa akses jalan tol yang terdiri dari empat gerbang tol yang berada di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, sementara di daerah lain tidak sebanyak itu. Dengan keistimewaan itu hendaknya akan dapat dimanfaatkan guna pengembangan perekonomian masyarakat,” katanya.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019