CEO Apple sebut dunia butuh kinerja ekonomi kuat dari AS dan China

San Francisco (ANTARA News) – CEO Apple Tim Cook mengatakan pada Selasa (8/1) bahwa ekonomi AS dan China, yang kuat diperlukan agar ekonomi dunia menjadi lebih kuat.

Ia juga optimistis tentang solusi untuk sengketa perdagangan Amerika Serikat-China yang sedang berlangsung.

Adalah “kepentingan terbaik” kedua belah pihak yakni Amerika Serikat dan China, untuk mencapai kesepakatan mengenai perselisihan perdagangan mereka, kata Cook, dalam wawancara dengan gerai berita AS, CNBC.

“Ini adalah perjanjian perdagangan yang sangat kompleks dan perlu diperbarui … Saya sangat optimistis bahwa ini akan terjadi,” katanya, dikutip dari Xinhua.

Dia mencatat bahwa perjanjian perdagangan antara Amerika Serikat dan China “jelas akan baik tidak hanya bagi kami” tetapi “lebih banyak tentang dunia secara umum.”

Seorang juru bicara Kementerian Perdagangan China mengatakan dalam konferensi pers di Beijing pada 4 Januari bahwa sebuah kelompok kerja AS yang dipimpin oleh Wakil Perwakilan Dagang AS Jeffrey Gerrish akan mengunjungi China pada 7-8 Januari 2019, untuk pembicaraan mengenai implementasi konsensus penting yang dicapai oleh Presiden China Xi Jinping dan rekannya dari AS Donald Trump di Argentina pada Desember.

Hubungan dagang China-Amerika Serikat telah terkena dampak buruk setelah pemerintahan Trump mengumumkan tarif tinggi pada ekspor China ke Amerika Serikat senilai ratusan miliar dolar AS pada 2018.

Baca juga: Trump sebut pelemahan ekonomi China beri Beijing insentif untuk kesepakatan perdagangan
Baca juga: Dolar AS melemah tertekan pernyataan Powell dan pelonggaran China

 

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019